TEKS IKLAN LENGKAP : Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Materi Artikel Pandai yang akan  kita bahas kali ini adalah materi tentang iklan, pastinya kalian sudah familiar dengan yang namanya iklan entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu materi yang dipelajari,oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai teks iklan. Hal-hal yang kita akan bahas dalam posting ini meliputi Pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan, serta contoh dari teks iklan.Untuk itu simak baik-baik yang dibawah ini.

Pembahasan ini akan menjawab pertanyaan tentang apakah yang dimaksud dengan teks iklan. Kita tidak dapat melangkah ke pembahasan selanjutnya, tanpa mengetahui terlebih dahulu tentang pengertiannya, bukan?

Pengertian Teks Iklan

TEKS IKLAN LENGKAP : Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan -
Teks iklan adalah suatu teks yang dibuat semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa guna menarik minat dari pembaca agar menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan.

Teks iklan sebagai suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk digunakan oleh produsen dalam menawarkan barang maupun jasa yang sedang diproduksi. Barang dan jasa tersebut ditujukan untuk masyrakat umum.

Biasanya dalam membuat teks iklan, produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik. Tujuannya agar orang lain bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.

Ketika, seorang pembaca tertarik terhadap teks iklan yang ditawarkan, maka penjual barang atau jasa tersebut akan memperoleh keuntungan dari hasil pembelian seorang konsumen. Berbagai produk bisa ditawarkan dalam teks iklan.

Tentu saja, harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat. Menjual produk yang tidak memiliki manfaat, bagi masyarakat, akan menjadi produk tersebut gagal di pasaran.

Teks iklan dapat dijumpai, salah satunya melalui televisi. Televisi sebagai media elektronik yang menampilkan berbagai iklan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum. Bahkan, teks iklan juga mulai bermunculan di media internet.

Struktur Teks Iklan 

Struktur teks iklan umumnya terdiri dari tiga bagian yakni judul yang umumnya terletak di bagian atas teks iklan, nama produk yang tengah dipromosikan dan deskripsi produk itu sendiri yang pada dasarnya menjadi inti dari teks iklan ini. Sedangkan ciri ciri teks iklan dan kaidah kebahasaan teks iklan dapat dibagi menjadi 4 yakni slogan, bahasa yang persuasif, kata ganti atau sudut pandang orang pertama dan gambar yang menarik.
Judul
Judul biasa nya terletak di bagian atas ,tapi dalam teks iklan tak jarang kita tidak menemui judul melainkan nama produk yang ada di bagian atas teks iklan.

Nama produk
Bagian ini berisikan mengenai nama dari suatu produk barang atau jasa yang akan ditawarkan dalam iklan tersebut.

Penjelasan Tentang Produk
Bagian ini berisi tentang deskripsi dari produk yang ditawarkan meliputi keunggulan, spesifikasi, cara mendapatkan produk, lokasi penjualan, nomer telpon dan sebagainya yang intinya berkaitan dengan hal-hal pokok mengenai produk yang ditawarkan.

Tanpa saya jelaskan tentunya anda telah mengetahui fungsi teks iklan bukan? yap, teks iklan berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk berupa barang maupun jasa tertentu menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan yang terkesan menarik dan bersifat membujuk. Maka dari itu teks iklan biasanya menggunakan kata seperti, ayo gunakan, belilah, dan sebagainya.

Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan
Setelah membahas pengertian dan struktur sebelumnya, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri teks iklan sebagai berikut.

Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif merupan kalimat yang berisi ajakan atau anjuran dengan tujuan membujuk pembaca agar mau menjalankan atau merima apa yang penulis katakan. Dalam teks iklan terdapat beberapa beberapa contoh kaliamt persuasif seperti “Murah, Berkualitas, Handal, Cepat dan sebagainya”.

Menggunakan Kalimat Slogan
Untuk membuat teks iklan yang menarik dan mencolok sehingga mudah diingat oleh pembaca kita perlu menggunakan kalimat slogan. Slogan sendiri biasanya terdiri dari 4 sampai 5 kata  yang simpel dan kreatif  sehingga mudah diingat serta harus memiliki daya tarik agar dapat menarik minat pembaca.Slogan yang baik akan mudah dingat oleh pembaca sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk produk yang ditawarkan dengan begitu  mendengar slogan tersebut pembaca bisa langsung mengetahui produk yang menawarkan memakai slogan tersebut.

Menggunakan Subjek Orang Pertama
Pada Teks iklan untuk menggantikan pihak atau pelaku pemasang iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama jamak atau tunggal  menjadi kami, saya, atupun aku sebagai pengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Menggunakan Gambar yang Menarik
Selain menggunakan kalimat slogan serta persuasif untuk menarik minat pembeli biasanya pada iklan akan disertai gambar dari produk yang ditawarkan .

Contoh Teks Iklan

TEKS IKLAN LENGKAP : Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan 
Pada dasarnya contoh teks iklan telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh produsen makanan maupun minuman. Tidak hanya berbentuk teks saja, namun iklan juga dapat berbentuk gambar maupun suara yang disampaikan secara lisan oleh seseorang, seperti contoh iklan di televisi dan radio.

Tidak hanya dalam bentuk cetak dan media saja. Namun penggunaan contoh teks iklan juga dapat kita temui dalam media periklanan online seperti iklan google. Karena perkembangan jaman semakin maju dan kebutuhan akan informasi semakin meningkat akhirnya teks iklan online menjadi populer penggunaannya.

Untuk dapat memahami apa itu teks iklan, maka anda harus mempelajari pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan dan melihat contoh teks iklan terlebih dahulu.

Dalam iklan pembuat akan berusaha membuat iklan tersebut semenarik mungkin agar pembacanya merasa tertarik dengan produk yang dipromosikan serta memberikan informasi-informasi mengenai keunggulan suatu produk atau jasa yang ditawarkan agar calon pembeli merasa yakin dengan produk atau jasa tersebut serta tertarik untuk membelinya.


1. Iklan komersial:PROMO!!!segera dapatkan satu unit tongsis dengan membeli 1 unit asus zenfone laser

2. iklan non komersial:periksalah kesehatan anda secara rutin,waspada TBC

3.Contoh teks iklan tentang makanan
Crispy crackers adalah makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat kress ketika dimasukkan kemulut, Belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.

4.Contoh : iklan beli sepatu ini pembeli pertama mendapat 50% loh...ayo, dibeli!

Share this

Related Posts