Tatakrama Basa Sunda/Pangaweruh Basa ( Bagaimana Tatakrama dalam Bahasa Sunda)

Pangaweruh Basa

Tatakrama Basa Sunda

    Babagian ragam basa anu ngawengku ragam basa loma jeung ragam basa hormat, disebutna tatakrama basa, anu baheula mah disebut undak-unduk basa.
    Nurutkeun harti kecapna, tatakrama basa sunda didieu nyaeta ragam basa.Lamun urang nyarita henteu make tatakrama basa hartina teh henteu sopan.

     Ari anu dimaksud tatakrama basa sunda didieu nyaeta ragam basa sunda anu dipakena diluluyukeun jeung kaayaan anu nyarita, anu diajak nyarita, jeung anu dicaritakeunna pikeun silih hormat jeung silih ajenan. jadi maksudna lain pikeun ngabeda-beda jelema, boh dumasar kana status sosialna, boh pangkatna, atawa turunan.

     Sakumaha anu geus di tetelakeun di luhur sacara gurat badagna, kekecapan dina tatakrama basa sunda teh diwangun ku ragam basa loma jeung ragam basa hormat. Ragam basa hormat diwangun ku ragam basa hormat keur sorangan jeung ragam basa hormat keur ka batur.


  • Ragam basa loma, contona : balik, dahar, imah, indit, sare jeung sajabana. Conto kalimat : urang keur dahar jeung babaturan.
  • Ragam basa hormat keur ka sorangan, contona : wangsul, neda, rorompok, mios,mondok. Conto kalimatna : rorompok simkuring mah nya kieu we ayana.
  • Ragam basa keur ka batur ,contona : mulih, tuang, bumi, angkat, kulem. Conto kalimat : Hayu atuh tuang heula di bumi simkuring.

     Loba anu patukeur teh dina ngarapalkeun kecap-kecap ragam basa hormat keur  sorangan jeung ragam basa hormat keur ka batur contona balik (loma) jeung wangsul (hormat ker ka batur). Padahal upama ku urang ditetenan, kecap-kecap anu samodel kitu teh basa sunda mah henteu loba.

    Adapun pembahasan diatas jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Tatakrama dalam Bahasa Sunda

    Bahasa sunda merupakan bahasa yang kaya akan ragam kata-kata dan kalimatnya. Karena dalam bahasa sunda kita diajarkan untuk memiliki tatakrama berbahasa baik kepada diri sendiri, orang lain dan pada orang tua. Tatakrama dalam berbahasa sunda terdiri dari ragam bahasa loma (bisa dibilang agak kasar) dan ragam bahasa hormat, yang saat ini disebut tatakrama bahasa, namun dahulu menyebutnya undak-unduk bahasa.

    Melihat dari arti kata-katanya, tatakrama bahasa sunda disini yaitu ragam bahasa. Kalau kita bercerita tidak memakai tatakrama bahasa artinya kita tidak sopan.
     Yang dimaksud tatakrama bahasa sunda disini yaitu ragam bahasa sunda yang dipakai disamakan dengan keadaan yang bercerita, yang diajak bercerita, dan yang diceritakan agar saling menghormati dan saling menghargai. Jadi maksudnya bukan membeda-bedakan orang, baik itu dari status soial, baik dari pangkatnya atau turunannya.

     Seperti yang sudah dijelaskan di atas secara garis besarnya, kata-kata (berkata) dalam bahasa sunda itu dibangun dengan ragam bahasa loma dan bahasa hormat. Ragam bahasa hormat dibangun dengan ragam bahasa hormat untuk diri sendiri dan bahasa hormat untuk orang lain.


  • Ragam bahasa loma , conthonya : pulang, makan, rumah, pergi, tidur dan lainnya. Contoh kalimat : saya lagi makan bersama teman.
  • Ragam bahasa hormat untuk diri sendiri. contohnya :  datang, makan, rumah, pergi, menginap. Contoh kalimat ; rumah saya segini adanya.
  • Ragam bahasa untuk orang lain, contohnya ; pulang, makan, , rumah, pergi, tidur. Contoh kalimat : ayo makan dulu di rumah saya.
   Banyak yang tertukar dalam menghapalkan kata-kata sunda, terutama dalam bahasa untuk berbicara pada orang lain.
    Kesimpulannya bahwa bahasa sunda mempunyai ragam bahasa dalam penuturannya, baik itu pada diri sendiri, pada teman sebaya dan pada orang tua. Bahasa sunda memiliki aturan yang sangat sopan dalam menuturkan bahasanya kepada orang lain terumata pada orang dewasa yang mana kita harus berbicara dengan menggunakan kata-kata halus dan sopan, artinya tidak menggunakan bahasa loma (kasar). 

Share this

Related Posts