7 Zat-Zat Berbahaya Pada Rokok

 
   Di dalam rokok terkandung zat-zat yang dapat membahayakan tubuh kita, khususnya sistem pernapasan.
Zat-zat berbahaya tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Karbon Monoksida (CO)

       Karbon monoksida dikenal sebagai zat racun. Pada batas jumlah tertentu, manusia akan mati jika menghirup gas ini. Gas monoksida akan mengikat hemoglobin pada darah manusia sehingga kemampuan fungsi darah untuk mengikat oksigen berkurang.

2. Nikotin

    Nikotin adalah senyawa kimia berbahaya dengan rumus kimia C10H14N2. Nikotin dapat menimbulkan efek ketagihan atau ketergantungan serta menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker pada paru-paru. Nikotin pada asap rokok yang diisap hanya membutuhkan waktu 9 detik untuk mencapai otak manusia. Akibatnya tekanan darah naik, ritme pernapasan meningkat, dan sistem saraf pusat tertimulasi.

3. Tar

    Tar merupakan  sisa pembakaran yang dapat kita lihat pada pipa rokok. Warnanya hitam dan lengket. Tar juga akan membuat gigi, jari, dan kuku perokok berwarna kuning kehitaman. Zat sisa ini sangat berbahaya karena merupakan bahan karsinogenik (bahan penyebab kanker). Selain itu, tar mengakibatkan gerakan rambut getar di saluran pernapasan berhenti. Padahal, rambut getar ini berfungsi untuk mencegah bahan yang berbahaya masuk ke saluran pernapasan.

4. Nitrogen Oksida

      Pada dosis yang cukup, gas ini dapat menimbulkan keinginan tertawa spontan yang tidak jelas alasannya. Gas yang mempunyai rumus kimia N2O ini dapat menekan rasa sakit pda manusia sehingga digunakan sebagai obat bius di bidang medis.

5. Hidrogen Sianida (HCN)

      Gas hidrogen sianida adalah gas racun yang juga sangat berbahaya bagi manusia.

6. Amonia

    Amonia adalah gas yang berbau sangat busuk, beracun, dan bersifat korosif.

7. Metanol 

     Metanol adalah senyawa kimia dari alkohol sederhana yang juga beracun.

    Bahan yang terkandung dalam rokok tidak ada yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, seluruh bahan itu dapat merugikan kesehatan manusia. Akan tetapi mengapa anusia masih juga merokok? Jawabannya adalah karena berhenti merokok bagi seorang perokok berat adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Artinya orang tersebut sudah kecanduan.
     Itulah sebabnya, kamu tidak boleh mencoba-coba untuk memulai merokok. Para perokok dimulai dari tindakan coba-coba. Pada akhirnya mereka terjerumus pada kebiasaan yang buruk dan sangat sulit untuk keluar dari kebiasaan itu.
     Merokok berbahaya bagi kesehatan. Supaya tubuh tetap sehat, sebaiknya kita tidak merokok dan tidak berada di dekat orang yang merokok.
      Selain rokok, zat adiktif lainnya adalah kafein, bensin,tiner, dan lem sepatu. Kafein adalah zat psikoaktif yang terkandung dalam kopi. Selain kopi, daun teh dan cokelat juga mengandung kafein. Setelah meminum kafein, seseorang akan merasa segar dan bergairah. Akan tetapi, dalam jumlah tertentu, kafein dapat menimbulkan rasa cemas pada seseorang.
     Bensin, tiner, dan lem sepatu sebenarnya juga tergolong zat adiktif, karena cairan-cairan ini jika dihirup dalam waktu yang cuku lama dapat menimbulkan gejala-gejala yang sama dengan pemakaian zat adiktif lainnya.

Share this

Related Posts