8 Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Pada Saat Menstruasi


Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, dalam ilmu biologi menstruasi merupakan pertanda bahwa seorang wanita telah menghasilkan sel telur dan dapat mempunyai anak.

Mengapa wanita mengalami menstruasi?

      Menstruasi adalah peristiwa keluarnya sel telur yang tidak dibuahi bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Menstruasi diawali dengan masaknya kelenjar indung telur untuk memproduksi sel telur. Pada saat itu juga rahim (uterus) mengadakan persiapan untuk kehamilan , yaitu dengan menebalnya dinding rahim yang didalamnya banyak mengandung pembuluh darah. Selanjutnya sel telur yang diproduksi di indung telur (ovarium)dilepas keluar menuju saluran telur (tuba Fallopi atau oviduk). Dari saluran telur kemudian sel telur menuju ke rahim. Jika dalam perjalanannyasel telur tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan keluar menuju vagina (liang peranakan) bersamaan dengan luruhnya dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah secara perlahan-lahan. Kejadian itulah yang disebut dengan menstruasi.
     Lamanya proses menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda, kurang lebih antara 3 sampai 8 hari.  Siklus menstruasi pada umumnya terjadi setiap 28 hari sekali, dihiung dari hari pertama terjadinya menstruasi berikutnya.
    Bagaimana jika sel telur dalam perjalanan tadi bertemu dengan sperma? Jika sel telur bertemu dengan sel sperma , maka terjadilah proses pembuahan . Selanjutnya sel telur yang dibuahi tadi berubah menjadi zigot dan menempel (nidasi) di dinding rahim. Akhirnya wanita akan mengalami kehamilan pada usia sekolah, , berhati-hatilah dalam bergaul dengan lawan jenismu. Bergaullah dengan teman dalam pergaulan yang positif. Hindari pula menonton film-film orang dewasa yang belum pantas kamu tonton.

Berikut tips dan cara menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi.

  1. Pada saat menstruasi, biasanya wajah berjerawat. Oleh karena itu, jagalah kebersihan wajah. Cucilah dan bersihkan wajah, dan usahakan rambut jangan jatuh ke wajah.
  2. Pada saat menstruasi, hormon juga merangsang aktifnya kelenjar keringat sehingga tubuh mudah berbau keringat. Jagalah kebersihan badan dan pakai wewangian jika perlu.
  3. Pada saat menstruasi, payudara juga akan mengencang , sehingga kamu perlu mengurangi makan makanan yang asin (garam).
  4. Pada saat menstruasi, gunakan pembalut yang lembut untuk menyerap darah yang keluar. Gantilah pembalut minimal 2 kali sehari, karena pembalut yang terlalu lama dipakai dapat menjadi tempat bakteri yang akhirnya dapat menyebabkan infeksi.
  5. Jika kamu buang air besar, bersihkan daerah dubur dari depan ke belakang menggunakan sabun mandi. Jika cara membersihkannya kurang benar, kotoran dapat berpindah dari dubur ke saluran kencing dan saluranreproduksi sehingga menimbulkan infeksi.
  6. Kenakanlah celanadalam yang terbuat dari katun agar mudah menyerap keringat dan tembus udara agar bagian lipatan paha tetap kering dan tidak lembap sehingga kuman tidak mudah masuk. Selain itu sebaiknya jangan memakai celana yang terlalu sempit dan ketat karena dapat menyebabkan peradangan pada vagina.
  7. Pada saat menstruasi, kamu harus rajin mandi dan keramas karena pada saat itu kerja kelenjar keringat dan minyak meningkat. Mandi dengan air hangat dapat membantu memperlancar aliran darah dan membantu merasa rileks dan segar.
  8. Pada saat menjelang menstruasi, pengeluaran cairan dari vagina akan berlebih dan itu adalah hal yang wajar. Pencucian dengan air hangat sudah cukup. Akan tetapi kalau cairan itu berbau dan terasa gatal, periksakanlah segera ke dokter. 

      Berusahalah terus mengenali tubuhmu dengan menambah pengetahuan tentang anatomi dan fungsi tubuhmu. Dengan demikian, kamu akan merasa bangga dengan segala yang kamu miliki sebagai seorang perempuan. Jika kamu ingin mengetahui dan bertanya tentang organ-organ reproduksimu, tanyakan dan diskusikan dengan orang yang lebih ahli (dokter) atau dengan kedua orang tuamu karena merekalah yang terdekat denganmu.

Share this

Related Posts